Manfaat Bermain Piano Bagi Kecerdasan Otak

Hai Sahabat Nata! Apa kamu tahu kalau bermain piano itu berpengaruh pada kecerdasan otak? Bermain piano itu dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan juga kecepatan motorik anak. Hal ini  disebabkan karena bermain piano membutuhkan konsentrasi dan daya ingat yang tinggi, selain itu juga dibutuhkan kecepatan dalam menekan touch-touch piano agar piano dapat dimainkan dengan indah.

Melalui bermain piano secara tidak langsung anak akan terbiasa berkonsentrasi dan mengingat serta melakukan gerakan yang cepat. Hal ini tentunya akan mempengaruhi perkembangan otak dan kecerdasannya. Bukan hanya itu saja, bermain piano juga terbukti memiliki manfaat dalam meningkatkan kecerdasan lain dalam diri anak yang terkait dengan kecerdasan kognitifnya. Berikut manfaat bermain piano bagi kecerdasan anak yang bisa Anda ketahui:

Anak yang bermain piano memiliki perkembangan otak yang lebih baik

Manfaat bermain piano bagi kecerdasan anak yang pertama adalah memiliki perkembangan otak yang lebih baik. Berdasarkan hasil penemuan para ahli saraf, bermain piano membantu proses perkembangan otak. Hasil penelitian dari anak-anak yang sejak kecil belajar piano menunjukkan bahwa anak yang sejak kecil belajar piano memiliki perkembangan otak yang lebih baik.

Memiliki resiko yang lebih kecil terhadap masalah gangguan otak

Manfaat bermain piano bagi kecerdasan anak yang kedua adalah memiliki resiko yang lebih kecil terhadap masalah gangguan otak. Penelitian para ahli menunjukkan bahwa anak yang belajar bermain piano sejak kecil, memiliki resiko yang lebih kecil terhadap masalah gangguan otak dari pada mereka yang tidak belajar piano.

Memiliki respon yang lebih cepat

Manfaat bermain piano bagi kecerdasan anak selanjutnya adalah memiliki respon yang lebih cepat. Anak yang terbiasa bermain piano sejak kecil memiliki bentuk lapisan saraf yang lebih baik, sehingga impuls berjalan lebih cepat dan membuat respon yang diberikan juga lebih cepat.

Meningkatkan penalaran spasial

Manfaat musik bagi kecerdasan anak selanjutnya adalah meningkatkan penalaran spasial. Penelitian yang dilakukan pada anak-anak usia prasekolah yang diajari bermain piano menunjukkan adanya peningkatan penalaran spasial pada anak. Penalaran spasial ini dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada usia sekolah.

Meningkatkan koordinasi motorik dan penalaran kognitif

Manfaat bermain piano bagi kecerdasan anak berikutnya adalah meningkatkan koordinasi motorik dan penalaran kognitif. Ini berkaitan dengan kemampuan yang didapatkan anak ketika harus menghafal urutan nada yang harus dimainkan agar mendapatkan nada yang indah.>

Meningkatkan kreativitas
Manfaat bermain piano bagi kecerdasan anak yang terakhir adalah untuk meningkatkan kreativitas. Setelah anak mahir memainkan piano berdasarkan lagu atau nada-nada yang sudah ada sebelumnya, secara otomatis anak akan belajar menciptakan nada-nada baru yang indah, sehingga dalam hal ini bermain piano dapat meningkatkan kreativitas anak.

Untuk dapat ikut merasakan manfaat bermain piano bagi kecerdasan anak, seperti beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, tentunya anak Anda harus bisa bermain piano terlebih dahulu. Jika ingin agar anak  bisa bermain piano dengan mudah, Nata Private dapat membantumu, lho! Di Nata Private kamu akan mendapatkan guru privat musik yang asik dan menyenangkan. Selain itu, waktu dan tempatnya bisa disesuaikan dengan keinginginanmu. Yuk segera daftar!

Sumber:

http://www.gelombangotak.com/Manfaat-Bermain-Piano-Kecerdasan-Anak.htm

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *