Manfaat Belajar Alat Musik sejak Dini yang Patut Kamu Tahu!

Sahabat NATA, hampir semua orang pasti sepakat, bahwa bahasa paling universal di muka bumi adalah musik. Bahkan, lirik sebuah lagu yang rumit tidak perlu dimengerti sedemikian harfiahnya. Jika aransemen sebuah lagu mampu mewakili setiap perasaanmu saat sedih, bahagia, bersemangat, marah, pasti kamu tidak akan peduli siapa musisinya dan apa arti lirik tersembunyi di lagu tersebut. Itulah kehebatan dari sebuah musik.

Sebut saja band kenamaan asal Islandia, Sigur Ros. Meski kebanyakan lagu-lagu band tersebut memiliki lirik berbahasa Islandia dan bahkan mereka menciptakan bahasa mereka sendiri yang tidak dimengerti siapapun (bahasa hopelandic), tetapi banyak orang tetap menyukai dan menggemari karya-karya ajaib band tersebut karena aransemen musik mereka yang jenius. Hal tersebut adalah bukti nyata bahwa musik memang memiliki kekuatan luar biasa, meski tidak harus dimengerti begitu dalam makna harfiah dari lirik atau aransemennya.

Namun, jangan cuma asik mengagumi keindahan musik atau sebuah lagu saja, kamu juga harus bisa memainkan alat musiknya juga. Lho kenapa ‘harus’ ya? Sejatinya ada banyak manfaat belajar alat musik sejak dini. Selain jadi terlihat keren di depan teman-teman, inilah manfaat belajar alat musik sejak dini.

1. Musik sebagai Bentuk Ekspresi Jiwa


Nggak bisa dipungkiri lagi kalau musik merupakan bentuk ungkapan dari ekspresi jiwa manusia. Musik sendiri mampu mewakili setiap perasaanmu. Contohnya, ketika kamu sedang sedih, nggak mungkin dong kamu memainkan musik yang ceria?

Begitu pula sebaliknya, saat kamu lagi senang, nggak mungkin kamu mau merusak mood-mu dengan lagu-lagu sedih.

Itulah mengapa musik dikatakan sebagai ungkapan atas ekspresi jiwa manusia. Nah, kalau nanti kamu belajar alat musik dan jadi jago, salah satu manfaat belajar alat musik yang akan kamu rasakan adalah kamu bisa memilih untuk menciptakan musik yang kamu inginkan sesuai dengan apa yang sedang kamu rasakan saat itu.

2. Berkenalan dengan Budaya Dunia


Sesuai dengan esensi dari musik sebagai bahasa universal, hal ini terbukti memang benar adanya. Semakin dalam kamu mempelajari tentang musik, manfaat belajar musik yang akan kamu rasakan adalah kamu akan berkenalan dengan ragam budaya dunia di dalam musik yang kamu cari.

Misalnya, kamu sedang mempelajari musik tradisional dari negara lain. Musik tradisional tersebut tentunya punya trademark musik mereka sendiri, bukan? Nah, dari sinilah kamu jadi tahu budaya dan aliran musik dari belahan dunia lain.

3. Melatih Konsenterasi dan Ketekunan Diri  


Manfaat belajar alat musik lainnya adalah tanpa disadari kamu sebenarnya juga melatih konsenterasi dan ketekunan, lho. Misalnya saja, saat kamu belajar memainkan alat musik petik seperti gitar, pastinya kamu harus berkonsenterasi penuh agar jari kamu tidak terpeleset dan suara yang dikeluarkan terdengar fals. Sama juga dengan belajar piano, drum, atau alat musik lainnya.

Konsentrasi dan ketekunan diri dibutuhkan supaya nada-nada yang keluar dari alat musik tersebut tidak terdengar sumbang dan telinga kita pun jadi semakin peka. Memang, bukan hal mudah, tapi dengan terus berlatih dan belajar, kamu akan bisa mengendalikan konsenterasi dan ketekunan diri.

4. Menumbuhkan Kreativitas


Banyak sekali keuntungan saat kamu mulai mempelajari alat musik. Menurut ahli saraf dari Harvard University, Gottfried Schlaug, mereka yang memilih untuk mempelajari alat musik punya sensor motorik yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mempelajari alat musik.

Keuntungan lainnya adalah, ketika kamu sudah mulai menguasai dasar bermusik, pastinya kamu akan terus haus untuk lebih dalam mempelajari alat musik.

Dari situ, kamu pasti tidak sabar untuk menciptakan sebuah lagu supaya didengarkan orang-orang sekitar atau bahkan dikomersilkan dan dipromosikan lewat aplikasi musik streaming.

5. Lebih Mudah Bersosialisasi


Berkumpul bersama teman pasti bakalan hampa banget tanpa adanya musik, apalagi misalnya saat kalian sedang berpetualang bareng seperti naik gunung. Musiklah cara yang paling ampuh untuk memecah suasana, yang tadinya tegang jadi gembira, yang tadinya senyap jadi ramai.

Dengan kemampuan bermusik yang kamu miliki, saat berkumpul sama teman-teman nanti, kamu bisa mengiringi teman-temanmu untuk bernyanyi bersama dengan menggunakan alat musik, misalnya dengan gitar. Sebagai orang yang bisa bermusik, tentu saja kamu jadi lebih mudah bersosialisasi karena dikenal sebagai pribadi yang selalu bisa membuat suasana ramai.


Nah itulah manfaat belajar alat musik sejak dini. Banyak banget kan hal yang bisa kamu dapatkan dengan belajar alat musik? Ayo, segera gunakan alat musik yang kamu miliki di rumah dan mulai belajar! Kamu juga bisa belajar dengan guru privat bermusik di NATA Private! Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *