Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

Haiiii Sahabat NATA , buat kalian yang baru belajar lebih dalam bahasa Inggris, mungkin akan bingung dalam memahami kata kerja dalam bahasa Inggris. Seperti yang kita tau, dalam bahasa Inggris ada tiga bentuk kata kerja, yaitu verb 1verb 2, dan verb 3. Nah, masing-masing kata kerja tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah fungsinya:

Verb 1

Verb 1 adalah bentuk dasar dari kata kerja dalam bahasa Inggris. Kata kerja jenis pertama ini digunakan ketika akan menuliskan kalimat dalam bentuk simple present (tenses yang digunakan untuk menjelaskan kegiatan saat ini). Contoh penggunaannya adalah dalam kalimat berikut:

  1. I usually goto school at 6.30 am.
  2. He always sleepslate to finish his job.

Dari kedua contoh kalimat di atas, go dan sleep adalah contoh kata kerja bentuk pertama yang digunakan. Pada kalimat kedua, bisa kita lihat bahwa ada sedikit perbedaan bentuk kata kerja ketika subjeknya adalah orang ketiga tunggal. Karena subjek pada kalimat kedua merupakan orang ketiga tunggal (He), maka untuk kata kerja pertamanya ditambahkan s atau es (V1 + S/es).

Verb 2

Verb bentuk ke-2 digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Verb ini tidak dapat digunakan dalam bentuk kalimat yang lain. Jadi, jika anda akan menuliskan peristiwa yang terjadi di masa lampau, gunakanlah kata kerja bentuk ke 2.

Contoh penggunaan dalam kalimat adalah:

  1. They visitedart museum yesterday.
  2. She dranka glass of milk this morning.

Nah, di sini apapun subjeknya, verb yang digunakan adalah tetap verb 2 tanpa ada penambahan apapun.

Verb 3

Verb bentuk ketiga ini tidak dapat berdiri sendiri seperti dua kata kerja sebelumnya. Kata kerja ini digunakan dalam perfect tense (tenses yang digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah usai) baik present perfect tense maupun past perfect tense.

Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:

  1. I have finished my project this afternoon.
  2. She has cleaned her room.

Nah, di sini verb 3 harus diikuti oleh has atau have. Gunakanlah has untuk subjek ketiga tunggal seperti he, she, dan it. Dan, gunakanlah have untuk subjek selain ketiga tinggal.

Itulah sedikit penjelasan dari penggunaan kata kerja dalam bahasa Inggris beserta fungsi-fungsinya. Semoga bermanfaat yah buat kalian yang baru mendalami bahasa inggris. Kalau belajar sendiri belum cukup, butuh guru privat kerumah ? bisa banget kalian les privat bahasa inggris dirumah atau mungkin kalian butuh jasa translator buat tugas-tugas kalian? NATA Privat bisa jadi solusinya lohh. Berminat? Langsung aja hubungi Admin 081214140044.

Sumber : informasitips.com

Gambar : ecibrazil.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *