Kamu Harus Tau! Macam-Macam Software Akuntansi Nih

Hai Sahabat NATA, tau kan sekarang perkembangan teknologi semakin pesat? Yapss salah satu ciri berkembangnya teknologi yaitu banyak program komputer yang membantu berbagai perkerjaan manusia, salah satunya dalam bidang akuntansi. Berbagai macam software akuntansi, mulai dari yang sederhana hingga yang memiliki fungki perhitungan akuntansi yang kompleks. Yuk kenali macam-macam software akuntansi

  1. MYOB

Mind Your Own Businnes atau MYOB, merupakan software pengolah data akuntansi yang cukup popular di negara kita – Indonesia. Tampilannya yang sederhana, dan kemudahan pemakaiannya membuat MYOB disukai banyak penggunanya. Bahkan siapapun yang notebene tidak memiliki basic akuntansi, bisa mengoprasikannya dengan mudah. Dengan MYOB anda bisa membuat pembukuan untuk data-data keuangan pribadi atau perusahaan secara otomatis, akurat, lengkap, dan tentunya jauh lebih cepat jika dibanding dengan membuatnya secara manual. Apalagi jika anda tidak begitu mengerti akuntansi.

Jika anda memiliki UKM atau perusahaan berskala menengah kebawah, bisa menggunakan software ini untuk membantu dalam melakukan perhitungan keuangan sekaligus membuat laporan keuangan perusahaan anda. Sayangnya anda tidak dapat memodifikasi laporan atau field pada software ini, jadi cukup sulit jika ingin melakukan customization. Kelemahan lain dari MYOB adalah anda tidak bisa menggunakannya untuk mengelola perusahaan dengan multi company. Tapi bagaimanapun, software ini sangat layak untuk dipertimbangkan.

  1. Krishand

Jika anda membutuhkan software untuk membantu anda dalam hal pelaporan pajak, maka Krishand jawabannya. Sofware yang mengkhususkan diri pada pelaporan pajak ini menyediakan formulir pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru di negri kita, sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan blanko pajak. Krishand dapat menghemat waktu anda dengan membantu membuatkan laporan pajak yang akurat secara efektif dan efisien.

Kelebihan lain Krishand adalah kemampuannya untuk menampilkan semua berkas pajak dari yang terlama hingga terbaru yang kita simpan, sehingga kita dapat mereviewnya dengan mudah. Degan fasilitas tersebut, anda juga tidak perlu lagi repot-repot membongkar gudang arsip untuk dapat menemukant arsip penting yang anda cari. Kelemahan Krishand ada pada usabilitasnya yang kurang baik, serta permasalahan kepemilikannya.

  1. Zahir Accounting

Sama seperti software akuntansi lain pada daftar ini, Zahir Accounting memiliki UI yang user friendly. Fitur yang diberikan juga lengkap, bahkan cenderung paling lengkap dibandingkan dengan yang lain. Kelebihan Zahir Accounting adalah pada faktur dan laporannya yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Selain laporannya, fasilitas dan kapasitas program Zahir juga dapat disesuaikan. Jadi saat membeli software ini anda bisa memilih untuk hanya membeli paket standar dengan tambahan fasilitas tertentu, yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Satu lagi kelebihan Zahir adalah analisa laporan keuangan yang diberikannya. Dengan berbagai analisa yang diberikan software ini, anda tentu akan terbantu dalam mengambil keputusan bisnis. Kekurangan Zahir Accounting ada pada harga lisensinya yang cukup mahal, dan hanya memiliki satu mata uang. Satu lagi, dalam perhitungan biaya persatuan seperti biaya perjam, perburuh, dkk; tidak akan dihitung secara otomatis.

  1. Accurate Accounting

Jika anda mencari software akuntansi yang memiliki versi bahasa Indonesia, anda bisa menggunakan Accurate Accounting. Dengan tampilan yang mirip MYOB, Accurate cukup user friendly. Kelebihannya form dan laporan dalam Accurate bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, lalu fitur pajaknya juga support dengan kebijakan di Indonesia. Sitambah lagi dukungannya terhadap multi: currency, user, departemen, gudang, dan proyek.

Jika anda bosan dengan tampilan Accurate, anda dapat mengganti skinnya sesuai selera. Ada beberapa pilihan skin yang disediakan. Sayangnya pengguna hanya bisa login sebagai supervisor, hanya bisa membuka database di hard drive lokal computer juga tidak bisa melakukan migrasi.

  1. Quick Book

Jika anda merasa bahwa fitur software akuntansi lain kurang lengkap, cobalah gunakan Quick Book. Meski kurang popular, namun Quick Book menawarkan fungsi dan fitur yang sangat lengkap. Ada lima versi Quick Book yang bisa anda pakai, Manufacturing & Whole Sale Edition,  Retail Edition,  Accountant Edition, dan Contractor Edition.

Software ini memiliki banyak kelebihan, seperti dukungannya pada multi user, currency atau juga departeman. Laporan yang dihasilkannya juga dilengkapi dengan grafik dan analisa yang akan sangat membantu anda untuk mengerti keadaan keuangan perusahaan anda. Tampilan yang menarik serta dukungan tutorial dalam bentuk pdf dan video yang diberikannya, tetapi tutorial dan video tersebut dalam bahasa inggris.

Nah sekarang sudah mengenal software akuntansi kan? Semoga informasi diatas bermanfaat yah buat kalian. Kalau kalian anak akuntansi atau keuangan mau belajar lebih tentang software akuntansi dan penggunaannya, kami NATA Privat menyediakan privat akuntansi bandung dan cimahi, guru langsung datang kerumah loh. Berminat? Bisa langsung hubungi kontak Admin 081214140044.

Sumber : dosenit.com

Gambar : flashcom.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *