Ini Strategi Lolos UTBK untuk SBMPTN 2019

Berbeda dengan SNMPTN yang berbasis nilai raport, pada seleksi UTBK siswa harus mengikuti ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Maka dari itu, siswa harus benar-benar mempersiapkan diri agar lolos SBMPTN di Perguruan Tinggi yang diinginkan.

Berikut strategi lolos UTBK untuk SBMPTN 2019 dari Times Indonesia

  1. Pilih Jurusan Sesuai Bakat dan Minat

Jurusan yang sesuai bakat dan minat akan memperbesar peluang lolos UTBK. Semakin besar minat terhadap suatu jurusan, tentu semakin besar pula pemahaman terhadap matapelajaran terkait jurusan. Perlu diketahui, penilaian UTBK tidak menekankan nilai kumulatif, tetapi nilai komponen. Misal, Anda memilih jurusan kedokteran, maka titik tekannya di nilai mata pelajaran biologi dan kimia.

  1. Pahami Syarat UTBK

Siswa yang boleh mengikuti UTBK adalah siswa kelas 12 tahun 2019 serta lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017 dan 2018. UTBK dilaksanakan secara elektronik menggunakan perangkat komputer. Siswa boleh mengikuti maksimal dua kali tes UTBK dengan membayar Rp. 200.00 per sekali tes melalui Bank.

  1. Daftar UTBK

Lakukan pendaftaran UTBK pada tanggal yang telah ditentukan, yakni gelombang 1 pada 1-24 Maret 2019 dan gelombang 2 pada 25 Maret-1 April 2019 melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id.

  1. Persiapkan Diri untuk Mengikuti Tes

Sebelum mengikuti tes, ada dua hal penting yang perlu dipersiapkan. Pertama, mematangkan kemampuan skolastik dan akademik. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti Try Out SBMPTN di sekolah maupun lembaga bimbingan belajar. Penting dilakukan untuk membiasakan diri mengerjakan soal secara cepat dan tepat.

Kedua, jaga kesehatan fisik. Pelaksanaan UTBK membutuhkan ketahan di depan layar komputer. Oleh sebab itu harus mempersiapkan fisik dan kesehatan agar dapat mengerjakan tiap soal dengan maksimal. Upayakan tidur cukup dan konsumsi vitamin.

  1. Bersikap tenang saat Ujian

Tes UTBK akan terdiri dari dua jenis soal yakni TPS dan TKA. TPS mengukur kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan TKA mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah (Saintek atau Soshum).

UTBK ada batas waktu pengerjaannya, namun jangan kerjakan soal terburu-buru. Pastikan setiap jawaban sudah tepat. Apalagi, tipe-tipe soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam menjawabnya.

  1. Berdoa

Hasil UTBK sebagai syarat wajib pendaftaran SBMPTN 2019 akan diumumkan 10 hari setelah pelaksanaan ujian. Sembari menunggu, jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun apabila hasilnya tidak memuaskan, jangan patah semangat, masih ada kesempatan untuk tes UTBK kedua kalinya pada 11-26 Mei 2019. Selamat mencoba dan semangat belajar untuk masuk Perguruan Tinggi yang diimpikan. (*)

      Persiapkan dengan baik segala sesuatunya termasuk upaya belajar dengan giat agar lolos ke perguruan tinggi favorit. Kamu bisa punya guru privat ke rumah buat les privat matematika, fisika, kimia, dan biologi untuk program IPA atau saintek. Buat yang jurusan IPS privat kamu bisa les privat matematika, ekonomi, sosiologi, dan sejarah. Bahasa inggris dan bahasa Indonesia pun menjadi mata pelajaran yang diujikan dalam UTBK. Semoga buat kamu yang berada di Bandung bisa dapat solusi guru privat dari nata private buat nemenin belajar di rumah. Les privat bandung dengan kualitas terbaik dan guru privat bandung pilihan yang siap bantu kamu sukses UTBK 2019. Tunggu apa lagi kalau bukan belajar les private UTBK 2019 di nata private.

Nah itu dia Strategi Lolos UTBK untuk SBMPTN 2019. Semoga membantu kamu dalam menjalani UTBK untuk SBMPTN 2019 ya Sahabat! Jangan lupa gabung bersama Nata Private biar belajar kamu makin lancar karena kami siap menyediakan guru privat terbaik untuk kamu. Hubungi admin di 081214140044. Semangat!

#LesPrivatSBMPTNSukajadi #LesPrivatSBMPTNSarijadi #LesPrivatSBMPTNAntapani #LesPrivatSBMPTNBuahBatu #LesPrivatSBMPTNUjungBerung #LesPrivatSBMPTNArcamanik #LesPrivatSBMPTNGegerKalong #LesPrivatSBMPTNBandung #LesPrivatUNSMASukajadi #LesPrivatUNSMASarijadi #LesPrivatUNSMAAntapani #LesPrivatUNSMABuahBatu #LesPrivatUNSMAUjungBerung #LesPrivatUNSMAArcamanik #LesPrivatUNSMAGegerKalong

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *