Hukum Perbandingan Tetap Dalam Kimia

Kimia merupakan cabang ilmu sains yang mempelajari susunan, struktur, sifat, perubahan serta interaksi materi. Dalam ilmu kimia, terdapat hukum-hukum dasar yang berlaku atau dikenal sebagai hukum dasar kimia, yang salah satunya adalah Hukum Perbandingan Tetap. Apa ini?

Senyawa yang sama, meskipun berasal dari sumber yang berbeda atau dibuat dengan cara yang berbeda, akan mempunyai komposisi yang sama. Pernyataan ini dikenal dengan Hukum Perbandingan Tetap yang ditemukan oleh seorang ahli kimia asal Perancis, Joseph Louis Proust dan dikenal dengan Hukum Proust.

Hukum ini atau hukum Proust sendiri berbunyi “perbandingan massa unsur-unsur dalam senyawa adalah selalu tetap walaupun berasal dari daerah yang berbeda dan dibentuk dengan cara yang berbeda”.

Hukum perbandingan tetap merupakan dasar dari hukum Stoikiometri. Dalam kajian kimia, stoikiometri adalah ilmu yang mempelajari hubungan kuantitatif zat-zat yang terlibat dalam reaksi kimia, baik reaktan maupun hasil reaksi. Maka hukum ini dapat memberikan kontribusi pada konsep mengenai senyawa kimia dan dapat memberikan konsep bagaimana unsur-unsur dapat membentuk senyawa.

Adapun salah satu eksperimen yang bisa menggunakan hukum perbandingan tetap adalah reaksi antara unsur hidrogen dan oksigen sehingga terbentuk air “H2O. Dimana, air selalu terbentuk ketika hidrogen dan oksigen bergabung dalam rasio 1 : 8 dengan massa, terlepas dari sumber air tersebut. Perbandingan 1 : 8 tersebut dapat diperoleh dengan cara sebagai berikut :

Massa atom H : massa atom O = (2 xArH) : (1 x ArO)

= (2 x 1) : (1 x 16)

= 2 : 16

= 1 : 8

Contoh soal Penerapan Hukum Proust :

Senyawa besi (III) sulfida terbentuk dari unsur besi dan unsur belerang dengan perbandingan Fe : S = 7 : 4. Untuk membuat senyawa besi (III) sulfida dengan massa 100 gram, maka berapakah massa besi dan massa belerang yang dibutuhkan?

Penyelesaian :

Fe : S = 7 : 4

Jumlah perbandingan  = 7 + 4 = 11

Massa besi yang diperlukan = 7/11 x 100 gram

= 63,63 gram

Massa belerang yang diperlukan = 4/11 x 100 gram

= 36,37 gram

.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Hukum Perbandingan Tetap Dalam Kimia, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

.

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini