Pertanyaan Umum Tentang SNMPTN 2019 yang Perlu Kamu Simak! (FAQ)

Related image
Sumber: superoffice.com

Halo, Sahabat NATA! Kalau kamu mengklik artikel ini, itu artinya masih banyak pertanyaan mengenai SNMPTN di benakmu. Entah karena kurang informasi, bingung harus mulai dari mana, atau karena benar-benar belum tahu mengenai SNMPTN.

Sebelumnya, kamu pasti sudah tahu kan apa kepanjangan SNMPTN? Yup, SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN merupakan salah satu seleksi yang bisa kamu ikuti untuk bisa masuk ke PTN tujuanmu.

Nah, mungkin karena ada banyak jenis seleksi yang bisa dipilih untuk masuk ke PTN tujuan, makanya jadi banyak pertanyaan-pertanyaan tak terjawab mengenai SNMPTN. Kalau gitu, biar kamu enggak semakin bingung lagi, yuk simak di bawah ini FAQ tentang SNMPTN 2019!

Apa bedanya SNMPTN dengan jalur masuk lain?

Kalau di SNMPTN, dibutuhkan nilai rapor dan prestasi akademik yang bagus dan stabil supaya bisa lolos. Sementara untuk SBMPTN dan jalur mandiri, kamu harus ikut tes ujian masuknya. Jadi, SNMPTN ini merupakan jalur undangan. Hanya siswa-siswi beprestasilah yang bisa mendapatkan undangan SNMPTN.

Bagaimana tahapan untuk mengikuti SNMPTN 2019?

Secara garis besar, pertama kamu harus meminta kepala sekolah untuk melakukan Pengisian dan Verifikasi di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Kemudian kamu sistem LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) akan melakukan Pemeringkatan. Terakhir, kamu harus melakukan Pendaftaran di situs web resmi SNMPTN. Untuk lengkapnya, silakan cek di sini, ya.

Bagaimana cara lolos SNMPTN 2019?

Sama seperti SNMPTN yang lalu-lalu, seleksi ini akan melihat nilai rapor kamu dari semester satu kelas X hingga semester satu kelas XII, serta prestasi akademik lainnya. Untuk itu, cara agar kamu bisa lolos SNMPTN adalah dengan berprestasi sebaik mungkin dan mencetak prestasi seoptimal mungkin. Tetap pertahankan nilai dengan stabil, karena kalau naik turun justru akan menyulitkan kamu untuk lolos SNMPTN.

Apa syarat bagi sekolah yang mau mendaftar SNMPTN?

Sekolah yang bisa mendaftar SNMPTN adalah SMA/SMK/MA/MAK negeri atau swasta, termasuk juga sekolah RI yang ada di luar negeri. Hal yang paling penting adalah sekolahmu harus punya NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), sudah mengisi PDSS, dan terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) di tahun bersangkutan.

Gimana dengan kuota penerimaan SNMPTN 2019?

Nah, untuk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena kuota SNMPTN 2019 dikurangi. Kemenristekdikti menetapkan pada SNMPTN 2019 kuota penerimaan mahasiswa diturunkan dari yang sebelumnya 30% jadi 20% saja. Soalnya, menurut Kemenristekdikti, peserta SNMPTN yang lolos kemarin enggak semuanya prestasi akademiknya saat di sekolah sama bagusnya saat di bangku kuliah. Itu artinya, proses penerimaan SNMPTN 2019 akan makin ketat!

Bagaimana hubungan SNMPTN dengan akreditasi sekolah?

Nah, PTN pilihanmu nanti juga akan mempertimbangkan sekolah asalmu nih. Berdasarkan pemeringkatan LTMPT, berikut ini syarat dan ketentuan Akreditasi Sekolah bagi siswa yang diperbolehkan mendaftar SNMPTN 2019:

  • Akreditasi A : 40% terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi B : 25% terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi C dan lainnya 5% terbaik di sekolahnya.

Bagaimana dengan beasiswa Bidikmisi dan ADIk (Program Afirmasi Pendidikan Tinggi)?

Bagi kamu yang berminat ikut beasiswa Bidikmisi dan ADIk, inilah syarat-syaratnya:

Gimana dengan jumlah pilihan PTN dan Prodi?

Nah, dalam SNMPTN nanti, ada kuota yang terbatas dan pilihan PTN dan prodi kamu pun enggak bisa diubah-ubah. Berikut syarat dan ketentuannya:

  • Siswa bisa memilih paling banyak 2 prodi dalam 1 PTN atau 2 PTN.
  • Urutan pilihan PTN dan prodi menyatakan prioritas.
  • Siswa SMK hanya boleh memilih prodi yang relevan, perhatikan syarat masing-masing PTN tujuan.
  • Daftar prodi dan daya tampung SNMPTN 2019 bisa kamu cek di situs web http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran berlangsung.

Terus, kalau enggak diterima SNMPTN harus gimana?

Tenang, Sahabat NATA! Banyak jalan menuju Roma, kok! Kamu masih bisa mengikuti jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau Jalur Mandiri yang disediakan masing-masing PTN. Rajinlah perkaya diri dengan materi dan latihan soal, jangan lupa juga daftar di NATA Private Blog biar belajarnya makin asyik.

Itulah beberapa FAQ tentang SNMPTN 2019 yang mungkin paling sering diajukan. Semoga artikel kali ini membantu kalian, ya. Jangan lupa juga maksimalkan usaha kalian dengan disertai doa dan pola hidup yang sehat. Keep the good work!

Sumber:

  • https://www.quipper.com/id/blog/snmptn/panduan-lengkap-snmptn-2019/
  • https://usm.itb.ac.id/wp/?page_id=15
  • http://snmptn.ac.id/informasi.html?1426322267
  • https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/faq-snmptn-dari-penilaian-syarat-hingga-pertanyaan-soal-peluang-snmptn-2018
  • https://www.quipper.com/id/blog/snmptn/faq-snmptn-2018/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *