Fakta Sains dari Apa yang Terjadi pada Satu Masa Hidup Seseorang

Related image
Sumber: pxleyes.com

Pernah enggak Sahabat NATA memikirkan atau bahkan menghitung selama hidup sampai saat ini kalian sudah memproduksi berapa banyak air liur? Atau bahkan berapa lama menghabiskan waktu untuk mengecek telepon genggam? Kalau dihitung pakai angka, mungkin jumlahnya sudah menembus ribuan juta kali dalam jangka waktu seumur hidup!

Well, apakah kalian penasaran dengan peristiwa apa saja yang terjadi pada satu masa hidup seseorang, termasuk hidup kalian sendiri? Simak fakta sains berikut ini, yuk!

Fakta Sains 1
Masa Hidup Rata-Rata Manusia & Cairan yang Diproduksi

Sumber: Quipper

Harapan hidup seseorang di dunia ini rata-rata mencapai 71,4 tahun. Namun di Amerika, angka ini sedikit lebih tinggi dibanding manusia di belahan bumi lainnya, yaitu 78,6 tahun. Periode ini setara dengan 28.689 hari atau 2.478.700.000 (dua milyar empat ratus tujuh puluh delapan juta tujuh ratus ribu) detik hidup di dunia! Wow, jumlah waktu sebanyak itu bisa kita gunakan untuk apa saja ya?

Nah, selama rata-rata usia tersebut, masing-masing dari kita memproduksi 0,4 mL air liur per menit dan mencapai 0,5 hingga 1 L per harinya, lho! Artinya, dalam seumur hidup, kita bisa mengisi penuh sekitar 180 sampai 360 bak mandi hanya dengan air liur!

Fakta menarik lainnya, para pria rata-rata menangis satu kali dalam satu bulan sementara wanita menangis 2,7 kali lebih banyak dari pria. Jika diakumulasikan, sepanjang hidupnya, manusia rata-rata menangis hingga 1.745 kali!

Fakta Sains 2: Keajaiban Langkah Manusia Selama Hidupnya

Related image
Sumber: stepbystepfootcare.com

Jika terdapat iklan yang mengampanyekan gaya hidup sehat melalui gerakan 10.000 langkah per hari, nampaknya gaya hidup tersebut akan sulit untuk direalisasikan karena ternyata, rata-rata orang dewasa di seluruh belahan dunia tidak pernah berjalan hingga 10.000 langkah per hari!

Mayoritas orang dewasa di Amerika pun hanya melakukan sekitar 5.100 langkah saja per hari. Akan tetapi, jika dihitung selama hidup di dunia, akumulasi langkah ini bisa menjadi sangat menakjubkan, yaitu 146.801.613 langkah!

Sekarang saatnya melakukan sedikit hitungan. Jika rata-rata panjang satu langkah per orang adalah 0,71 m maka dengan jumlah langkah sebanyak itu, sama saja kamu sudah mengelilingi garis khatulistiwa atau ekuator bumi sebanyak 2,6 kali!

Ditambah lagi, bumi yang kita tinggali saat ini menempuh jarak untuk berkeliling mengorbit matahari sekitar 73.884.000.000 km (tujuh puluh tiga milyar delapan ratus delapan puluh empat juta kilometer) sepanjang hidup kita. Jadi bagaimanapun juga, secara tidak langsung, kaki kita telah turut menjelajah milyaran langkah di angkasa. Keren!

Fakta Sains 3: Waktu yang Dihabiskan di Depan Layar

Sumber: Quipper

Rata-rata remaja usia 15 tahun di Amerika telah mulai bekerja dan menghabiskan waktu sekitar 7,9 jam per hari di kantornya. Jadi ketika memasuki usia 63 tahun, artinya mereka telah menghabiskan sekitar 16 tahun waktunya untuk duduk di depan meja dan bekerja.

Kemudian pertanyaan berikutnya, apakah mereka benar-benar bekerja atau sekadar melihat meme lucu di internet? Suatu penelitian menunjukkan bahwa para dewasa muda menggunakan telepon selulernya selama lima jam per hari diantaranya dengan diam-diam menggunakan perangkat tersebut selama 30 detik sebanyak 85 kali dalam sehari.

Secara matematis, kegiatan di atas setara dengan 13 tahun menghabiskan waktu bersama telepon genggam sepanjang hidup. Hitungan tersebut belum termasuk waktu untuk streaming melalui channelfilm seperti Netflix atau YouTube yang dihabiskan oleh rata-rata subscriber, yaitu selama 500 jam per tahun. Artinya, mereka setara dengan menghabiskan waktu sekitar 4,5 tahun hanya untuk menonton Netflix maupun YouTube.

Fakta Sains 4: Rata-Rata Frekuensi Sakit Flu Manusia

Related image
Sumber: home.bt.com

Selanjutnya pada usia 30 tahun, kita akan lebih mudah terserang flu lho. Frekuensinya bisa terus bertambah hingga menjadi dua kali lebih sering setiap 10 tahun. Seperti pada materi Biologi kelas X SMA mengenai virus, influenza merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh makhluk hidup tersebut sehingga penyakit ini pun bersifat menular.

Virus hidup dengan cara menumpang pada sel hidup lain. Jika sel hidup yang ditumpangi mati maka virus pun akan mati. Sel hidup yang ditumpangi virus disebut sel inang.

Kejadian manusia terjangkit influenza sepanjang hidupnya mungkin berkurang mengingat obat-obat pada masa kini terus berkembang dan berinovasi. Akan tetapi, juga bisa justru bertambah jika kita lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan yang terjamah oleh virus influenza tersebut. Suatu penelitian dari Jerman menyebutkan bahwa faktanya, rata-rata kita menghabiskan 87% waktu dari hidup kita di dalam ruangan dan 6% di dalam kendaraan.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 1 bahwa rata-rata manusia di bumi memiliki masa hidup selama 28.689 hari. Nah, selama masa itu, sebagian besar manusia menggunakannya untuk:

  • 180 hari berolahraga
  • 10.625 hari berkonsentrasi pada gadget
  • 7.709 hari duduk
  • 1.765 hari bersosialisasi dengan keluarga dan teman

Sementara sebenarnya, di sisi lain manusia juga bisa menggunakan masa hidup tersebut untuk melakukan hal-hal berikut:

  1. Mendaki Gunung Everest sebanyak 4,5 kali
  2. Berjalan dari dasar hingga menapaki puncak Gedung Empire State yang merupakan salah satu gedung pencakar langit di Kota New York sebanyak 1.657 kali
  3. Tertawa sebanyak 481.760 kali

Wow, keren banget, ya! So, aktivitas mana yang kamu pilih untuk menghabiskan waktu kamu\? Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang kebiasaan dan interaksi manusia, mungkin kamu bisa menjadi seorang Psikolog atau Sosiolog.

Buat kamu yang masih penasaran dengan fakta sains menarik lainnya, materi-materi terkait kebiasaan dan interaksi manusia seperti di atas bisa kamu pelajari dengan guru privat dari Nata Private  link inilho! Selamat mendalami keunikan manusia!

Sumber:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *