Fakta Menarik Magnet Ini Akan Bikin Kamu Takjub!

Image result for magnet
Wiltronics

Hai, Sahabat NATA! Coba deh, cek lemari pendingin alias kulkas yang ada di rumahmu! Ada apa? Es batu? Chicken nugget beku? Telur? Susu? Makanan sisa semalam? Eits… jangan dibuka dulu kulkasnya Coba perhatikan bagian luarnya dulu. Ada apa di sana?

Pastinya ada tempelan kulkas! Menurut penelitian, sekitar 80% kulkas di dunia memiliki tempelan kulkas di atasnya, lho! Tempelan-tempelan kulkas tersebut dapat menempel pada kulkas berkat bantuan dari magnet.

Magnet adalah objek yang mampu menghasilkan medan magnet. Di Bumi, hanya terdapat beberapa objek saja yang dapat menghasilkan medan magnetnya sendiri. Meski begitu, juga terdapat beberapa objek lain yang dapat diupayakan untuk menghasilkan medan magnet.

Magnet telah ada di Bumi selama berabad-abad lamanya. Dahulu, magnet dikenal dengan nama “lodestone”, dengan lead merujuk pada timah dan stone merujuk pada batu yang digunakan untuk menggerakkan jarum kompas. Dahulu, magnet seringkali digunakan oleh para pelaut untuk keperluan navigasi.

Psst, apakah kamu tahu legenda tentang magnet yang paling populer? Konon, dahulu kala, hidup seorang gembala tua bernama Magnes. Pada suatu hari, ketika Magnes sedang menggembalakan dombanya, paku pada sepatunya dan ujung dari tongkatnya tersangkut kepada sebuah batu besar tempatnya berdiri. Rupanya, batu itu adalah yang dimaksud dengan lodestone yang bersifat magnetis. Sejak saat itu, lodestone lebih dikenal dengan sebutan magnet.

Orang yang pertama kali memanfaatkan magnet adalah Archimedes. Konon, Archimedes membantu menenggelamkan kapal lawan dengan menggunakan magnet untuk menarik paku-paku besi yang digunakan pada badan kapal. Sementara itu, orang yang pertama kali menggunakan magnet dalam bedah ialah ahli bedah asal India bernama Sushruta.

Selain fakta menarik magnet di atas, ada banyak lagi lho, fakta-fakta unik di atas? Penasaran apa saja? Yuk, simak di bawah ini fakta menarik magnet yang harus kamu ketahui!

1. Magnet Selalu Mempunyai Dua Kutub

Meskipun kamu memotong sebuah magnet menjadi dua, salah satu kutub tidak akan hilang pada potongan magnet itu. Sebaliknya, masing-masing potongannya nanti akan tetap memiliki dua kutub karena kutub utara dan selatan magnet akan terbentuk secara otomatis, lho! Nah, kutub-kutub yang dimiliki magnet inilah yang merupakan bagian dengan daya tarik paling kuat dari sebuah magnet.

2. Magnet yang Paling Besar di Bumi adalah Bumi Itu Sendiri

Bumi adalah sebuah magnet raksasa! Inti bumi mengandung besi dan dikelilingi oleh cairan panas yang menghasilkan daya listrik serta “menghidupkan” medan magnet di sekelilingnya. Akan tetapi, medan magnet Bumi memiliki kekuatan yang sangat kecil, kira-kira seribu kali lebih lemah dibandingkan dengan batang magnet yang kita ketahui. Tidak hanya Bumi, planet lain pun ada yang memiliki medan magnet, yaitu Saturnus, Jupiter, Neptunus, dan Uranus.

3. Magnet yang Paling Kuat di Jagat Raya adalah Sebuah Bintang Bernama Magnetar

Magnetar adalah sisa dari bintang yang telah mati dan mengalami ledakan supernova. Jika dalam jarak yang dekat, magnetar cukup kuat, lho, untuk menghancurkan planet-planet kecil. Untung saja, menurut para peneliti, di jagat raya ini hanya terdapat sekitar belasan dari magnetar dan letaknya sangat sangat jauh dari Bumi.

4. Magnet dapat Memengaruhi Binatang

Magnet telah digunakan peneliti untuk mempelajari pola komunikasi yang dimiliki lebah, siklus migrasi binatang, serta beberapa tingkah laku binatang. Ternyata, banyak binatang dapat merasakan kutub magnet. Contohnya, hiu yang menghindari salah satu jenis magnet bernama Neodymium serta burung dan penyu yang menggunakannya sebagai navigator.

5. Magnet dapat Kehilangan Sifat Magnetisnya

Apabila sebuah magnet ditempa, magnet tersebut dapat kehilangan sifat magnetisnya! Hal ini disebabkan karena molekul-molekul yang ada di dalamnya akan kehilangan susunan utara dan selatannya. Selain dengan ditempa, sebuah magnet juga dapat kehilangan sifat magnetisnya apabila dipanaskan dalam waktu lama.

Fakta Menarik Magnet Lainnya

  • Unit yang digunakan untuk menyatakan besarnya kekuatan magnet ialah Tesla, yang diambil dari Nikola Tesla sebagai penghormatan kepadanya.
  • Terapi magnet alias magnoterapi dipercaya dapat memulihkan penderita Spondylitis, Osteoarthritis, Prostatitis, dan lainnya.
  • Kereta-kereta cepat di dunia saat ini menggunakan magnet untuk menggerakan kereta dengan efektif.
  • Segulung kawat akan berubah menjadi magnet apabila dialiri dengan aliran listrik.

Wah! Ternyata ada banyak sekali fakta menarik magnet yang dipakai oleh tempelan kulkas di kulkasmu ya? Buat kalian yang masih mau baca artikel menarik seperti di atas, langsung saja kunjungi Nata Blog, ya! Nata Private juga menyediakan guru privat fisika  dan guru privat ipa  lho! Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Sumber:

  • http://apexmagnets.com/news-how-tos/8-strange-facts-about-magnets-and-magnetism/
  • http://sciencing.com/magnets-5420654.html/
  • http://sciencestruck.com/facts-about-magnets/
  • http://coolscienceexperimentshq.com/facts-about-magnets/
  • http://magnets.com/fun-and-interesting-facts/
  • https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/fakta-menarik-magnet/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *