Ekonomi Kelas 8 | Dampak ASEAN pada Ekonomi dan Sosial Budaya

Dampak ASEAN pada Ekonomi dan Sosial Budaya

Artikel Ekonomi Kelas VIII ini menjelaskan tentang bagaimana hubungan Indonesia dengan organisasi ASEAN mempengaruhi kegiatan ekonomi dan sosial budaya.

ASEAN

Teman-teman pasti sudah pada tau dong apa itu ASEAN? Kalau kalian lupa, ASEAN adalah organisasi kerjasama di bidang ekonomi dan geo-politik antara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. ASEAN punya 10 anggota yaitu negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Salah satu tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di Asia Tenggara. Nah, Indonesia sebagai anggota ASEAN pasti ngerasain dampaknya setelah bergabung ke ASEAN. Apalagi di bidang ekonomi dan sosial budaya, yang sangat ASEAN inginkan untuk maju dan berkembang. Makanya, kali ini yuk kita bahas tentang dampaknya ASEAN untuk perekonomian dan sosial budaya di Indonesia!

Karena Indonesia tergabung dalam ASEAN, negara kita jadi lebih gampang kalau ingin melakukan perdagangan dan investasi sama negara anggota ASEAN. Yang dimaksud lebih gampang adalah peraturannya lebih mudah, biaya impor yang dikurangin biar lebih murah, dan kuota barang yang diimpor boleh lebih banyak daripada biasanya.

Nah, kalau perdagangannya berjalan lancar, bakalan tercipta harga pasar yang stabil juga loh! Kok bisa? Karena jika suatu negara membutuhkan suatu produk seperti beras tapi stok berasnya kurang, maka negara tersebut bisa impor beras dari negara lain. Tapi kalau negara itu nggak melakukan impor beras, harga beras di negaranya bisa melunjak jadi mahal. Duh, jangan sampe deeh!

Terus, dampak lainnya adalah Indonesia jadi meningkatkan standar produksinya karena Indonesia tentu nggak mau kalah bersaing dengan produk-produk impor yang masuk dari negara ASEAN. Kalau produknya bagus dan laku di pasar, pasti juga menguntungkan devisa Indonesia. Devisa alias kas negara kita jadi meningkat juga deh!

separator asean sosbud

Untuk mendukung aspek sosial budaya, ASEAN membentuk yang namanya Masyarakat Sosial Budaya ASEAN atau biasa dikenal dengan ASCC (ASEAN Socio-Cultural Community). ASCC sebenarnya adalah salah satu pilar yang mendukung adanya  Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tujuan dibentuknya ASCC adalah untuk menciptakan masyarakat ASEAN yang damai, saling menghargai identitas nasional dan budaya yang beragam macamnya, juga menciptakan rasa “ke-kita-an” yang kompak. Wah, tujuannya mulia banget ya! Tentu dong, karena ASEAN menargetkan masa depan yang aman, damai, dan makmur untuk generasi anak cucu kita nanti.

Supaya ASCC berjalan sesuai rencana yang udah disusun (guidelines), dibuatlah ASCC Cetak Biru atau Blueprint. ASCC Blueprint isinya kayak pembagian kerja yang lebih bercabang dan spesifik dalam bidang sosial budaya. Yang pasti, kerangka kerja ini bakalan berpengaruh positif banget untuk komunitas ASEAN.

infografik asean sosbud

Wah banyak juga ya rencananya ASEAN untuk masyarakatnya. Ini adalah bukti betapa ambisius dan erat komitmennya ASEAN ke negara anggotanya. Semua poin dari ASCC Blueprint tersebut masih terus dilakukan sampai sekarang loh. Semoga ke depannya nanti, semua rencana dan ambisi dari ASCC Blueprint bisa tercapai ya teman-teman!

Walaupun sebagian besar dari anggota ASEAN adalah negara yang masih berkembang, tapi ASEAN sebagai organisasi tetap semangat untuk menjadikan para anggotanya maju dan menjadi lebih baik. Kalau ASEAN aja semangat, pasti kamu semangat juga dong. Yuk, pelajarin lagi tentang dampak dari ASEAN di Nata Privat! Biar lebih paham, nanti bakalan ada soal-soal latihan juga loh!

sumber: raungguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Dampak ASEAN pada Ekonomi dan Sosial Budaya, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *