Cara Mudah Menghafal Pelajaran Biologi Nih !

Assalamulaikum Sahabat NATA, gimana nih kabarnya ? buat kalian yang masih Jadi Pelajar khususnya yang pengen jadi siswa teladan. Apalagi buat kalian yang masuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Buat mata pelajaran satu ini, yaitu “biologi” yang banyak berkutat dengan bahasa ilmiah. Hehe

Udah tau bagaimana cara mempelajari biologi dengan mudah ? atau udah punya cara belajar sendiri? nah kalo belum, pas banget nih pada kesempatan kali ini  akan membagi salah satu tips mudah menghafal biologi. Namun sebelum kita bahas itu, sebenarnya kalian tau gak sih  apa itu biologi ?

Biasanya biologi lebih identik dengan hafalannya. Namun tak sedikit siswa menganggap “remeh” pelajaran ini, karena menurutnya dengan membaca atau mendengar penjelesan guru saja mereka akan mudah menghadapi soal-soal biologi saat ujian. Padahal, selain membaca dan memperhatikan guru, alangkah lebih baik lagi jika kita mau menghafalnya. Nah, yang membuat banyak siswa malas menghafal adalah karena istilah yang digunakan ilmu ini tidaklah mudah. Oke kita langsung saja bahas cara mudah menghafal biologi :

  1. Memilih buku yang menarik.

Untuk para orang tua, lebih baik membantu anak-anaknya mencari buku ilmu pengetahuan yang menarik. Hal ini terjadi karena agar seimbangnya fungsi otak kanan dan kiri, dimana yang kita ketahui bahwa otak kanan bekerja dengan ekspresif dan kreatif  yang meliputi gambar dan imajinasi, sedangkan pada otak kanan berfungsi untuk berfikir analitis. Ini akan mempermudah anak untuk menghafal materinya, agar selain menganalisis, anak juga dapat dengan mudah membayangkan sesuatu yang dipelajarinya.

  1. Memahami istilah-istilah terkait.

Biologi yang tidak terlepas dari bahasa ilmiah membuat orang merasa sulit mempelajarinya. Untuk itu, apabila kita menemukan bahasa-bahasa ilmiah yang tidak kita mengerti saat membaca buku biologi, maka disarankan untuk mencari tau apa maksud atau makna dari istilah tersebut, agar kita dengan mudah memahami materi yang sedang dipelajari. Contohnya pada istilah “abiotik” yang berarti sebutan bagi sesuatu yang tak hidup seperti air, udara dan cahaya matahari.

  1. Menghubungkan materi dengan berbagai disiplin ilmu

Untuk mempermudah menghafal biologi, maka hubungkanlah materi yang kita pelajari dengan berbagai disiplin ilmu. Misalnya untuk mempelajari materi metabolisme sel, kita juga harus memahami salah satu disiplin ilmu yang lain seperti kimia. Karena salah satu subbab materinya mempelajari proses kimia sel.

  1. Membuat Jembatan Keledai.

Jembatan keledai merupakan salah satu metode yang digunakan dalam bidang pendidikan untuk mempermudah proses menghafal.  Biasanya mtode ini berupa kata atau suku kata yang membentuk kalimat menarik atau masuk akal untuk mengingat susunan kata yang ingin dihafal. Contohnya pada urutan pembelahan mitosis “Profase – Metafase – Anafase –Telofase” kita dapat membuat jembatan keledainya menjadi “Profesor Metal Anaknya Tiga” atau pada urutan fase embrionik untuk manusia dan hewan  “Morula – Blastula – Gastrula –Morfogenesis – Diferensiasi – Spesialisasi Jaringan – Imbas Embrionik –Organogenesis”, jembatan keledainya “Mobil Balap nge-GasMogok Dari Semenjak Ilang Onderdilnya”.

Nah mungkin kalia bisa nih mencobanya. Kalau kalian butuh belajar bareng tutor atau guru yang bisa kerumah, segera daftar di NATA Privat. Kami menyediakan jasa guru biologi kerumah agar bisa privat dirumah dengan kondusif. Berminat? Bisa langsung hubungi kontak Admin 081214140044.

Sumber : teladanmurid blogspot

Gambar : Penulispro.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *