Cara Asyik Membuat Anak Tertarik Belajar Fisika dan Kimia

Hai Sahabat NATA sekalian, hayo ngaku kalau kimia dan fisika jadi mata pelajaran yang paling kalian hindari kan? Karena memang dirumitkan dengan berbagai rumus dan istilah. Tetapi disini ada cara-cara agar kalian tertarik belajar kimia dan fisika. Yuk lihat disini!

Fisika dan kimia adalah dua mata pelajaran yang kerap menjadi pelajaran yang ditakutkan, bukan hanya bagi para siswa tapi juga orang tua. Sama halnya seperti belajar matematika, ketika anak minta diajari belajar fisika dan kimia, untuk memperoleh nilai yang baik sebelum ulangan dimulai, Anda tidak sanggup. Padahal kedua pelajaran ilmu pengetahuan alam ini sangat menantang untuk dipelajari.

Sama halnya dengan matematika, kedua mata pelajaran ilmu pengetahuan alam ini sangat asyik untuk dipelajari. Apabila Anda tahu triknya tentu saja. Nah, sebelum menerapkan cara asyik untuk membuat anak tertarik belajar fisika dan kimia, pahami dulu kedua mata pelajaran tersebut.

Fisika adalah salah satu jenis ilmu pengetahuan alam tertua yang telah dipelajari manusia. Ilmu ini khusus belajar mengenai sifat dan gejala-gejala suatu benda yang terjadi di alam semesta, dalam lingkup ruang serta waktu.

Sedangkan kimia termasuk jenis ilmu pengetahuan alam, untuk mempelajari komposisi, struktur, sifat zat atau materi. Skala pembelajarannya dimulai dari skala atom hingga molekul. Ada pula materi mengenai metoda memahami sifat serta interaksi atom, secara individu. Kedua ilmu pengetahuan alam dasar ini memang membutuhkan keseriusan tersendiri, saat mempelajarinya.

Banyak sekali manfaat yang dapat anak Anda peroleh, bila mereka senang belajar fisika dan kimia. Misalnya mereka tertarik dengan pertanyaan “Mengapa bumi dapat mengelilingi matahari?” atau “Bagaimana siaran atau tayangan TV dapat menjangkau ke berbagai tempat yang berjauhan jaraknya?”

Jika anak Anda suka sesuatu yang berbau teknologi atau zat alami, dengan belajar fisika dan kima, mereka mampu memahami seluk beluk kinerja mesin, pembuatan plastik, dan banyak lagi. Belajar fisika dan kimia juga membuat otak anak Anda terbiasa berpikir kritis dan selalu dibebani pertanyaan-pertanyaan menarik. Hal ini bisa membuat mereka lebih cerdas.

Dari beragam manfaat yang bisa sang buah hati peroleh, Anda pasti tertarik untuk membuat mereka antusias belajar fisika dan kimia, bukan? Nah, berikut ini ada beberapa cara asyik yang bisa diterapkan untuk mengajak anak Anda menyenangi pelajaran fisika dan kimia, yaitu:

  • Pergi ke perpustakaan terdekat di kota Anda bersama anak-anak. Pelajari beberapa buku teks fisika dan kimia tingkat dasar dulu. Biasanya di perpustakaan daerah atau nasional, ada bagian untuk memuat buku-buku ilmu pengetahuan alam bergambar, yang ditujukan bagi anak usia sekolah dasar. Cari dan tunjukkan pada anak, baca buku itu bersama-sama.
  • Pilih beberapa film layar lebar, yang membahas mengenai kehidupan para fisikawan dan kimiawan terkenal, atau film mengenai materi fisika dan kimia. Bisa pula film dokumenter, ya.
  • Apabila Anda sudah bisa memperagakan satu dua metode belajar fisika dan kimia secara mandiri, mengapa tidak mengajak anak Anda bereksperimen? Eksperimen dalam dunia fisika dan kimia adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Maka, wajar jika anak belajar fisika dan kimia dengan melakukan eksperimen asyik, yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
  • Bayar guru khusus, yang sanggup mengajari anak Anda fisika dan kimia dengan cara menyenangkan. Hal ini penting, agar anak tidak bosan saat belajar fisika dan kimia. Guru yang humoris dan sangat menguasai ilmu fisika serta kimia, bisa menjadi pilihan terbaik untuk anak Anda. Jika Anda mebutuhkan guru privat kimia atau fisika di daerah bandung dan guru bisa datang kerumah. Kami NATA Privat menyediakan privat berbagai pelajaran. Langsung hubungi kontak kami disini

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kalian yang merasa susah banget belajar kimia dan fisika 🙂

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *