Artikel ini memberikan informasi tentang cara menjaga kesehatan sistem pernapasan pada manusia.

Sebagai makhluk sosial yang tentunya punya banyak aktivitas di luar, tubuh kita menjadi sangat rentan terkena penyakit. Kita tidak pernah tahu bagaimana kualitas udara di tempat biasa kita melakukan aktivitas, seperti saat perjalanan ke sekolah, ke tempat kerja, atau saat berkumpul dengan teman-teman.

Selain itu, tanpa sadar kita juga sering melakukan aktivitas yang cenderung membahayakan kesehatan sistem pernapasan kita. Apalagi untuk anak-anak. Menurut laporan dari World Health Organization (WHO), usia anak-anak cenderung lebih banyak menghirup oksigen dibandingkan orang dewasa. Artinya, mereka juga memiliki cara bernapas yang lebih cepat. Maka dari itu, anak-anak cenderung lebih rentan terkena paparan polusi udara.

Nah, jika kamu nggak hati-hati dan nggak tahu caranya membentengi tubuh dari berbagai macam virus, bukan nggak mungkin tubuh kamu jadi gampang terkena penyakit.

Terus gimana caranya kita tahu kalau kita mengalami kelainan pada sistem pernapasan kita? Ya gampang banget. Misalnya ketika kamu bermain futsal, basket, bulutangkis, atau olahraga lainnya, tapi baru bermain sebentar kamu udah kecapekan, nafas ngos-ngosan.

Atau kamu pernah nggak merasa tubuhmu itu lemes banget, otak buat berpikir tuh susah, terus ditambah lagi dadamu sesak. Nah itu juga termasuk tanda-tanda kamu mengalami kelainan pada sistem pernapasan kamu.

Terus apa aja nih upaya yang bisa kita lakukan agar bisa menjaga kesehatan sistem pernapasan kita? Nah, 3 hal yang harus kamu lakukan agar sistem pernapasan kamu selalu terjaga dan tidak mudah rusak.

cara menjaga kesehatan sistem pernapasan

Buat kamu yang tinggal di kota dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi, atau tinggal di daerah yang dekat dengan pabrik, pastinya merasakan kalau kualitas udara kita ini makin lama makin menurun dan cenderung tidak sehat.

Udara yang kotor mengandung banyak unsur kimia yang cenderung berbahaya bagi organ pernapasan. Contohnya asap kendaraan bermotor. Polusi yang satu ini mengandung gas karbon monoksida (CO) yang dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh kita.

Masalahnya, karbon monoksida ini jauh lebih mudah diikat oleh sel darah merah jika dibandingkan dengan oksigen. Akibatnya, dalam waktu singkat akan menurunkan kadar oksigen yang telah didistribusikan ke dalam darah. Ketika tubuh kita mengalami kekurangan oksigen, maka kita akan sangat mudah mengalami kerusakan pada sistem kerja otak kita dan juga akan sering mengalami sesak napas.

Untuk mengantisipasi hal-hal menakutkan ini, sebenarnya caranya gampang, asal konsisten dan tidak malas. Solusi terbaiknya adalah mulai menanam pohon, memilah sampah sesuai jenisnya, dan tidak membiarkan sampah mengendap terlalu lama.

Menanam pohon disekitar rumah, akan sangat membantu menyaring karbon monoksida. Sehingga udara yang dihasilkan jauh lebih segar dan banyak mengandung oksigen. Jadi, kamu bisa setiap pagi setelah bangun tidur, keluar rumah untuk menghirup udara yang segar. Sehingga, organ pernapasan kamu bisa terjaga dengan baik.

beberapa cara menjaga kesehatan sistem pernapasan

Kamu tahu kan kalau paru-paru kita itu kayak spons? Iya, jadi tuh dia bisa mengembang dan mengempis. Paru-paru akan mengembang ketika kita sedang menghirup udara. Fungsi paru-paru itu untuk membawa oksigen dari udara yang kita hirup ke dalam darah, kemudian juga untuk membuang karbondioksida dari tubuh kita.

Nah, salah satu kegiatan yang bisa membuat paru-paru dapat bekerja dengan baik adalah olahraga. Dengan berolahraga, tubuh kita akan bekerja. Hal itu dapat memicu organ-organ yang ada pada tubuh kita bekerja. Ketika organ bekerja, maka sampah-sampah yang ada di dalam tubuh pun akan dengan mudah hancur dan keluar dari tubuh.

Jika kita melakukan olahraga secara rutin, maka kita akan banyak mendapat manfaat. Paru-paru kita akan bekerja dengan baik, resiko penyakit jantung menjadi berkurang, fungsi otak jadi lebih meningkat, energi pada tubuh jadi meningkat, tidur jadi lebih nyaman, dan tubuh pun akan menjadi lebih kebal terhadap berbagai macam virus.

beberapa cara menjaga kesehatan sistem pernapasan

Selain berolahraga, tubuh juga membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan-makanan yang mengandung antioksidan sangat bagus untuk menjaga serta memperbaiki organ pernapasan kita.

Nah beberapa makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin yang bagus untuk kesehatan paru-paru adalah sayur dan buah. Buah-buahan yang bagus untuk kamu konsumsi dan cocok untuk menjaga kesehatan organ pernapasan adalah anggur, mangga, strawberry, dan tomat. Selain buah, kentang, yoghurt, dan brokoli juga bagus lho.

Itulah 3 hal yang perlu kamu perhatikan dan sebisa mungkin kamu lakukan, supaya sistem dan organ pernapasan kamu dapat bekerja dengan baik. Selain ketiganya, kamu juga harus menghindari minuman-minuman beralkohol, minuman bersoda, dan juga asap rokok yaa. Karena semua itu sangat tidak baik untuk kesehatan paru-paru.

Bagaimana? Tertarik untuk menjaga kesehatan sistem organ pernapasan kamu? Ya harus tertarik dong ya, kan supaya sehat terus.

Referensi: zenius.net, studiobelajar.com, rumusbilangan.com, bukupaket.com, ruangguru.com, quipper.com

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Beberapa Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini
Powered by