Belajar Online

Hai sahabat NATA! Belajar secara online sudah banyak diminati pelajar milenial saat ini. Lalu apakah yang membuat belajar online menjadi trend baru saat ini. Mari kita bahas 🙂

Belajar Online
Sumber : niet.com.au

1. Apa itu belajar online?

Sistem pembelajaran online adalah hasil dari suatu pembelajaran yang disampaikan secara elektronik dengan menggunakan komputer dan media berbasis komputer. Sistem tersebut disebut juga pembelajaran elektronik atau e–Learning. Materi-materi dalam sistem pembelajaran online bisa diakses melalui jaringan website, internet, intranet, CD-ROM, dan DVD. Sistem tersebut tidak hanya mengakses informasi saja tetapi membimbing peserta untuk mencapai hasil belajar yang spesifik juga. Berkat sistem pembelajaran online, siswa tidak hanya bisa mengakses pengetahuan dari buku pelajaran saja, tetapi mereka dapat mengakses materi pelajaran dari luar sekolah. Guru dan siswa pun bisa memperoleh informasi yang banyak dan tidak terbatas dari beberapa perpustakaan di seluruh dunia.

2. Perkembangan Pembelajaran Online

Awalnya, pembelajaran online diperkenalkan oleh universitas Illinois di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer-assisted instruction) dan komputer bernama PLATO. Kemudian, pada tahun 1990, muncul era CBT (Computer-Based Training) yang mengenalkan aplikasi e-learning dalam PC atau kemasan CD-ROM. Isi materi tersebut berbentuk tulisan dan multimedia (video dan audio). Lalu, seiring CBT sudah diterima oleh masyarakat pada tahun 1994, CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara massal.

Perkembangan tersebut pun dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga pendidikan untuk mengadakan sistem pembelajaran online dengan menciptakan kursus, sekolah, sampai program sarjana yang berbasis online. Bahkan kursus online bersertifikat di Indonesia sudah diakui oleh pemerintah dan swasta atas hasil usaha belajarnya.

3. Manfaat Belajar Online

Salah satu alasan yang membuat sistem pembelajaran online menjadi sangat digemari oleh banyak orang adalah banyaknya keuntungan yang diberikan, di antaranya:

  • Fleksibel akan waktu dan tempat
  • Bisa menjangkau seluruh dunia
  • Bisa untuk siapa saja
  • Pilihlah sesuai kemauanmu
  • Lebih hemat biaya
  • Menyempurnakan materi pembelajaran

Nah itu dia info menarik soal belajar online. Apakah kamu tertarik untuk belajar secara online? Kami NATA Private menyediakan jasa guru privat  dan guru privat bahasa terbaik untuk kamu.  Berminat? Langsung saja hubungi admin di 081214140044.

Sumber: quipper.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *