Belajar Matematika Bisa Mengasah Otak dan Mencegah Pikun (2)

Hai Sahabat NATA! Kali ini masih membahas tentang manfaat belajar matematika. Saat belajar matematika, sebagian orang mungkin merasa bosan atau malas. Padahal, belajar matematika itu manfaatnya ada banyak. Yuk simak manfaat lain dari belajar matematika !

Tidak perlu mengerjakan soal matematika yang terlalu sulit

Related image
Sumber : fiverr.com

Mungkin kamu berpikir bahwa semakin sulit soal yang dikerjakan, semakin banyak pula bagian otak yang aktif. Padahal, ternyata tidak demikian. Justru saat kamu mengerjakan soal matematika yang sulit, hanya sisi otak kiri saja yang bekerja. Sisi otak sebelah kiri merupakan area yang berfungsi untuk mengatur bahasa (pada orang yang tidak kidal).

Mengapa begitu? Ternyata saat mengerjakan soal yang sulit, misal 54 : (0,51-0,9) maka tentu kamu tidak langsung tahu jawabannya. Kamu malah akan berkali-kali membaca soalnya. Inilah yang membuat bagian otak kiri kamu, yang berperan penting dalam fungsi bahasa, yang harus bekerja keras.

Berbeda dengan saat kamu mengerjakan soal yang mudah, karena sisi kiri dan kanan otak kamu akan menjadi aktif secara seimbang.

Latihan soal matematika bisa mencegah pikun

Related image
Sumber: huffingtonpost.com

Ternyata, matematika dapat membantu mencegah dan mengatasi pikun, terutama pada mereka yang berusia lanjut. Ya, membaca soal matematika sambil bersuara ternyata mampu mencegah pikun bertambah parah.

Pada usia lanjut, umumnya akan terjadi penurunan kemampuan berpikir. Terutama pada bagian prefrontal yang akan diaktifkan bila Anda mengerjakan latihan soal matematika. Akan ada dua proses pada bagian otak untuk mengolahnya, yaitu kemampuan membaca soal dan angka-angka, mengoperasikan angka-angka tersebut, dan menggerakan tangan untuk menuliskan rumus, hitungan, dan hasil jawabannya. Hal sederhana ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan menurunkan tingkat keparahan pikun.

Nah itu dia info menarik soal belajar matematika. Apakah kamu tertarik mengasah otak kamu dengan belajar matematika?  Kami NATA Private siap membantu kamu mengasah otak kamu dengan menyediakan jasa guru privat matematika  terbaik untuk kamu.  Berminat? Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Sumber : hellosehat.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *