Belajar main piano sejak kecil cerdaskan otak saat dewasa

Hai Sahabat NATA, ada informasi nih khususnya buat kalian yang seneng banget main piano. Ternyata bermain piano sejak kecil itu bisa mencerdaskan otak anak saat dewasa nanti. Mau tau informasinya? Yuk lihat!

Les Piano di Bandung | NATA Private | natacenter.com
Les Piano di Bandung | NATA Private | natacenter.com

Bermain piano ternyata tak hanya menyenangkan bagi anak,tetapi juga bisa memberikan mereka manfaat yang lebih besar. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang belajar bermain piano sebelum usia tujuh tahun memiliki otak yang lebih cerdas.

Tak hanya itu, penelitian juga menemukan bahwa bermain alat musik bisa memperkuat otak. terutama bagi mereka yang sudah akrab dengan alat musik dan belajar bermain musik sejak kecil.

“Belajar musik tak hanya membuat anak menikmati musik, tetapi juga mengubah otak mereka,” ungkap peneliti, seperti dilansir oleh Daily Mail (12/11).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati otak dari 48 pria dan wanita berusia 19 – 21 tahun. Semuanya pernah belajar bermain musik, namun beberapa partisipan sudah mulai belajar ketika usia mereka tiga tahun.

Peneliti menemukan bahwa bagian otak yang berkaitan dengan bahasa, kemampuan membuat konsep, dan memanajemen waktu terlihat lebih kuat pada partisipan yang mulai belajar musik sejak kecil. Selain itu, bagian yang berkaitan dengan penerimaan suara dan kepribadian juga lebih besar.

Peneliti dari Beijing Normal University menjelaskan bahwa beberapa bagian otak yang berkaitan dengan musik berkembang dengan sangat pesat ketika masa kanak-kanak. Penelitian ini juga membantah bahwa pelajaran musik untuk anak sia-sia, karena anak baru akan merasakan manfaatnya ketika dewasa.

Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa orang dewasa yang pernah belajar musik saat masih kecil memiliki sel otak yang lebih cepat merespon pada suara. Ini membuat mereka lebih mudah menangkap suara dan berkomunikasi, bahkan ketika dalam suasana yang bising.

Hal ini diketahui tak hanya berlaku pada alat musik piano, melainkan juga alat musik lainnya. Belajar usik saat kecil juga diketahui bisa meningkatkan IQ anak dan membantu mereka lebih peka terhadap emosi orang lain.

Itulah informasi yang menunjukan bahwa bermain piano memunculkan dampak positif bagi anak salah satunya dapat mencerdaskan otak anakl saat bertumbuh dewasa nantinya. Kalau kalian membutuhkan guru privat piano agar kemampuan bermain pianonya semakin jago, kami NATA Privat menyediakan guru privat piano yang bisa datang kerumah, langsung hubungi 0812-1414-0044 (Admin)

Sumber: merdeka.com
Gambar: web

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *