Apa Itu Derajat Ionisasi?

Disetujui Kemenkes, Sumbar Kini Punya Laboratorium Pemeriksaan ...

Derajat ionisasi merupakan salah satu sifat senyawa yang penting dalam kaitannya dengan ilmu kimia dan fisika. Derajat ionisasi dalam ilmu fisika dipakai untuk mengetahui proporsi dari partikel yang telah terionisasi sehingga membentuk dan menghasilkan partikel yang bermuatan.

Sementara, derajat ionisasi dalam ilmu kimia dikenal juga dengan sebutan derajat disosiasi yang dikaitkan untuk menggambarkan kekuatan dari suatu asam. Untuk bisa memahami lebih dalam lagi mengenai derajat ionisasi, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari derajat ionisasi itu sendiri,

Derajat Ionisasi (α) merupakan hasil bagi dari jumlah total molekul elektrolit yang terionisasi menjadi ion-ion. Artinya, derajat ionisasi ini menunjukan jumlah dari molekul-molekul senyawa elektrolit yang berubah menjadi ion-ion.

Banyaknya konsentrasi yang bereaksi atau menjadi ion akan tergantung kepada derajat ionisasi (α) yang dirumuskan sebagai berikut : α = Jumlah mol yang terionisasi/ jumlah mol mula-mula.

Tetapan Disosiasi atau Ionisasi Asam

Asam merupakan zat yang jika dilarutkan ke dalam air dapat menghasilkan ion H+. Akibat kelebihan ion H+ maka air yang sudah ditambahkan zat asam disebut sebagai larutan asam.

Konsentrasi air pada dasarnya konstan untuk semua reaksi dalam larutan air, sehingga (H2O) dalam persamaan tetapan kesetimbangan dapat dimasukan ke dalam tetapan kesetimbangan baru, tetapan ionisasi asam (Ka) yang disebut tetapan disosiasi asam dengan rumus sebagai berikut : α = akar Ka/c

Sebagai Keterangan :

α = derajat disososiasi asam

Ka = tetapapan disosiasi asam

c = Konsentrasi asam

Semakin besar nilai Ka, maka akan semakin kuat sifat asam dan semakin tinggi konsentrasi H+ pada kesetimbangan.

Tetapan Disosiasi atau Ionisasi Basa

Basa lemah yaitu senyawa basa yang dalam larutannya hanya sedikit terionisasi menjadi ion-ionnya. Reaksi ionisasi basa lemah juga merupakan reaksi kesetimbangan, dimana tetapan kesetimbangan untuk reaksi ini adalah tetapan ionisasi basa (Kb) yang juga disebut tetapan disosiasi basa dengan rumus :

α = akar Kb/ C

Sebagai Keterangan :

α = Derajat disosiasi basa

Kb = tetapakn disosiasi basa

C = konsentrasi basa

Semakin besar nilai Kb, maka akan semakin kuat sifat basa dan semakin tinggi konsentrasi OH pada kesetimbangan.

Hasil Kali Ion Air

Air adalah elektrolit lemah, dan air mengalami disosiasi diri sampai batas tertentu.Tetapan kesetimbangan untuk pengionan air ini memiliki rumus sebagai berikut H2O = H2O ……H3O+ + OH dimana Kw = [H3O+] [OH].

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Derajat Ionisasi, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini