Yuk Mengenal 5 Perbedaan Pajak Dengan Pungutan Resmi Lainnya!

Les Privat Pajak | NATA Private | Pajak dan Pungutan Resmi Lainnya
Les Privat Pajak | NATA Private | Pajak dan Pungutan Resmi Lainnya

Hai Sahabat NATA, pasti kalian sudah tahu kalau setiap warga negara Indonesia tentu harus membayar kewajiban pajak. Pajak menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap orang guna untuk pembangunan dan pembiayaan negara Indonesia. Dalam pajak ada beberapa aturan pastinya, kalau kalian ingin lebih dalam belajar pajak dirumah bisa niih Les Privat Pajak di  NATA Private gaiss.

A. Pengertian Pajak

Pajak sendiri merupakan Iuran wajib yang dibebankan kepada rakyat untuk negara dengan syarat tidak menerima bentuk imbalan jasa secara langsung Berdasarkan peraturan undang-undang. Tersebut biasanya digunakan untuk membiayai berbagai jenis pengeluaran umum. Akan lebih pahan kalau kalian les privat pajak loh.

B. Ciri-ciri Pajak

Untuk membedakan pajak dengan pungutan resmi lainnya berikut ini ciri-ciri umum pajak yang harus anda ketahui.

  1. Proses pemungutan pajak sendiri bisa bersifat dipaksakan karena ini merupakan pungutan resmi untuk negara dan pungutan tersebut akan berjalan secara terus-menerus tanpa memperoleh imbalan apapun secara langsung.
  2. Pajak pajak merupakan iuran yang muncul dari sebagian kekayaan seseorang ataupun sebuah badan usaha untuk nantinya dimasukkan kedalam kas negara berdasarkan peraturan dan ketentuan undang-undang di Indonesia.
  3. Nantinya bagi wajib pajak yang menyerahkan sebagian kekayaannya tersebut bisa membantu kesejahteraan umum secara tidak langsung.

C. Pungutan Resmi Lainnya

Setelah mengetahui ulasan mengenai pajak berikut ini pengertian pungutan resmi  selain paja yang perlu Anda ketahui. Saat ini pungutan resmi selain pajak ada beraneka ragam dan Berikut ini beberapa pungutan resmi selain pajak yang perlu Anda ketahui.

  1. Retribusi

Retribusi sendiri merupakan pungutan yang dilakukan oleh pemerintah kepada perorangan ataupun badan hukum yang sudah mendapatkan jasa dan barang dari pemerintah.

  1. Sumbangan

Jenis iuran atau pungutan yang satu ini merupakan iuran yang harus dibayarkan oleh seseorang karena telah mendapatkan jasa dari pemerintah contohnya biaya perizinan.

  1. Bea ekspor dan bea impor

Bea ekspor sendiri merupakan iuran resmi yang dibebankan kepada eksportir yang akan mengirimkan barang ke daerah di luar negeri sedangkan bea impor merupakan iuran terhadap importir saat akan melakukan pengiriman barang dari luar negeri.

  1. Cukai

Jenis pungutan Cukai ini juga merupakan pungutan resmi dimana dibebankan oleh para pengusaha ataupun produsen kepada pemerintah yang berdasarkan peraturan pemerintah. Contoh pungutan Cukai adalah Cukai Minyak Wangi dan cukai tembakau.

D. Perbedaan Pajak dan Pungutan Resmi

  1. Pajak merupakan iuran dimana imbalannya langsung dari negara sedangkan pungutan resmi imbalannya tidak langsung dari negara.
  2. Pajak tidak memiliki unsur paksaan karena hanya terbatas pada orang-orang tertentu saja sedangkan pungutan resmi dapat dipaksakan karena berlaku untuk semua masyarakat tanpa kecuali.
  3. Imbalan dari pajak juga diterima oleh golongan tertentu saja sedangkan pada pungutan resmi imbalannya akan dirasakan oleh seluruh orang.

Dengan mengetahui perbedaan pajak dan pungutan resmi lainnya jadi kalian bisa membedakan iuran manakah yang harus kalian bayar. Secara tidak langsung kalian juga bisa membantu kesejahteraan umum loh. Kalau kalian ingin tau lebih banyak tentang aturan pajak Les Privat Pajak aja di NATA Private, dengan guru berkualitas baik dan juga bisa datang kerumah kalian gais. Berminat? Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Sumber : Muamalatku.com

Gambar : Okezone.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *