Kebiasaan Belajar Anak yang Baik Membantu Anak Sukses di Sekolah

Kebiasaan Belajar Anak | Les Privat Dirumah | NATA Private
Kebiasaan Belajar Anak | Les Privat Dirumah | NATA Private

Halo Sahabat NATA, kali ini kita akan membahas mengenai tips membiasakan hal-hal yang baik untuk anak saat belajar agar sukses di sekolah. Untuk memulai dan membiasakan anak belajar secara rutin dengan aktivitas mereka yang semakin meningkat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak kembali ke tugas dan tanggungjawab utamanya yaitu belajar. Salah satunya dengan alternatif Les Privat Dirumah agar anak lebih nyaman saat belajar. Beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan yaitu :

A. Membuat Jadwal Belajar
Anjurkan anak untuk membuat jadwal aktivitas mereka sehari-hari, jika anak tidak bisa membuat jadwal tersebut, ajak dan bahas bersama anak dalam pembuatan jadwal. Dengan adanya jadwal tersebut akan membuat anak memiliki komitmen dan tanggungjawab. Jadwal yang harus dibuat adalah kapan waktu belajar, membuat PR, mengikuti les privat dirumah, dan aktivitas bersama teman.
B. Kemampuan Anak
Tidak semua anak memiliki kemampuan yang baik dalam belajar dan mengingat kembali materi pelajaran yang telah dipelajari. Untuk itu, dalam memberikan waktu belajar, aturlah sesuai kemampuan anak. Jangan terlalu menekan anak dalam belajar jika ia tidak mampu melakukannya. Menekan sesuatu kepada anak agar menjadi terbiasa bukanlah cara bijak, tapi memberikan sesuatu secara per porsi sedikit demi sedikit akan membuat anak terbiasa dan mudah dalam melakukannya.
C.Tempat Belajar
Mungkin anak Anda sangat senang didalam kamarnya dan menghabiskan waktu untuk membaca bukunya. Ini sangat baik, namun sebagian anak juga sangat senang jika belajar diluar rumah atau belajar bersama teman-teman mereka. Atau jika diluar rumah terlalu membuat Anda khawatir, sediakan taman mini yang sangat menyenangkan yang membuat anak nyaman dalam belajar.
D.Kembangkan Belajar
Memberikan pelatihan kepada anak sangat membantu dalam proses belajar anak. Salah satu yang sangat kami rekomendasikan dalam meningkatkan proses dan kebiasaan belajar anak adalah dengan mengikuti program belajar atau bimbingan belajar yang saat ini sudah tersedia banyak sekali. Bisa juga melalui les privat dirumah, agar anak lebih nyaman saat belajar. Apalagi menjelang ujian, perketat jadwal belajar anak untuk mendapatkan hasil yang sangat baik setelah ujian.
E.Tanamkan Berpikir Positif
Terkadang dengan segala aktivitasnya yang tinggi, anak mulai acuh terhadap tugas dan tanggungjawab mereka yaitu belajar. Apalagi jika melihat realita diluaran bahwasannya orang yang rajin belajar dan tidak, hasilnya adalah sama. Jika anak sudah berpikiran seperti itu, bantu dan dorong anak untuk tetap optimis dan berpikir positif bahwasannya belajar bukan hanya memiliki 1 tujuan.
F. Belajar Kelompok
Belajar kelompok sangat baik dilakukan karena dengan belajar kelompok anak akan memiliki banyak literatur dari teman-temannya dalam memahami materi pelajaran yang sebelumnya belum mereka ketahui dan belum dipahami. Namun yang harus diperhatikan dalam menerapkan belajar kelompok adalah jangan terlalu banyak teman, maksimal 5 orang. Jika terlalu banyak, proses belajar kelompok akan berubah menjadi arena bermain.
G. Membaca, Menulis Dan Mendengarkan Secara Aktif
Sangat mudah bagi anak untuk membaca Bab per Bab buku pelajaran namun terkadang anak tidak memahami apa yang mereka baca. Bantu anak Anda untuk berlatih membaca aktif dengan meminta dia untuk mencatat gagasan utama dari setiap bagian dan mencari kata atau konsep yang tidak dikenal. Buat garis besar bab agar anak mudah memahami. Setelah setiap bagian ditandai, mintalah anak menulis ringkasan dengan kata-kata mereka sendiri.

Kebiasaan belajar anak yang baik membantu anak dalam menghasilkan nilai yang lebih baik. Dengan les privat bersama tutor juga anak akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Kami NATA Privat menyediakan jasa guru privat yang bisa datang kerumah, untuk berbagai jenjang pendidikan loh. Berminat?  Langsung hubungi Admin 081214140044 yahh

Sumber : tipsanakcerdas.com

Gambar : kompasiana.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *